..:Welcome to my blog !!!:..


Info Umum, Unik, event dan hal-hal yg berhubungan dengan FUN




Senin, 14 Desember 2009

The Parade Clothing Festival 2009


Banyak clothing festival yang kerap meramaikan pasar industri kreatif di Jogja, dan hampir semuanya menawarkan hal yang sama, busana siap pakai dari beragam label clothing yang biasanya diobral di hari penutupan. Fenomena ini sudah menjadi hal yang umum, dan bahkan selalu ditunggu-tunggu oleh para pecinta fashion di Jogja. Menyadari hal ini, KICK Yogyakarta, berusaha untuk membuat sebuah clothing festival yang lebih terkonsep dan dapat mengembalikan industri kreatif pada akarnya, The Parade 2009 Clothing Festival, yang akan segera digelar di GOR UNY, tanggal 18-20 Desember 2009 nanti. Sebuah clothing festival & creative community gathering event paling besar dan paling prestisius di Yogyakarta.

Kreative Independent Clothing Kommunity atau yang biasa disingkat menjadi KICK merupakan asosiasi yang menghimpun clothing-clothing company di seluruh Indonesia. KICK Yogyakarta sendiri juga telah menyelenggarakan clothing festival pada tahun-tahun sebelumnya, hanya saja nama The Parade dengan konsep yang dibawanya baru muncul pada tahun ini. Nama The Parade ini akan terus digunakan di tahun-tahun mendatang program tahunan KICK Yogyakarta tersebut yang pada tahun 2009 ini menggandeng Effort Creative Communication sebagai event organizer.

Satu hal yang ingin ditekankan melalui The Parade adalah bahwa clothing dan distro yang saat ini telah menjadi sebuah sebuah industri massif sebenarnya berakar dari gerakan independen dan komunitas lokal, baik itu gerakan indie yang berbasis pada musik maupun hobi. Industri kreatif clothing dan distro ini pada awalnya muncul untuk mendukung perekonomian komunitas-komunitas tersebut agar dapat terus beraktivitas. Untuk itu, industri kreatif perlu dikembalikan pada akarnya agar dapat tetap konsisten mendukung komunitas yang selama ini telah membesarkannya. Kenapa The Parade? Karena dukungan ini akan lebih nyata dalam sebuah barisan kokoh yang kelak dapat menjadikan The Parade di tahun-tahun berikutnya sebagai barometer nyata dari keberlangsungan gerakan independen ini. Itulah kenapa kami menyebut juga event ini sebagai creative community gathering, sebab ada banyak elemen yang terlibat dalam The Parade selain clothing dan distro.

The Parade 2009 juga membawa misi edukatif dan membangun lewat program-program yang dibawanya. Salah satunya adalah acara gathering bertema entrepreneurship untuk clothing-clothing peserta yang bekerja sama dengan BNI. Yang lebih istimewa, adalah diadakannya The Parade Clothing Award dengan tujuan untuk mendorong para peserta berkompetisi secara sehat untuk menjadi lebih baik, tidak hanya dari segi penjualan, namun juga dalam hal desain, kreativitas display, bahkan pelayanan terhadap pembeli. Para pemenang The Parade Clothing Award ini akan dipilih lewat polling pengunjung, dimana disediakan satu buah sepeda motor Honda Beat bagi peserta polling yang beruntung. Selain itu, masih ada juga Fruit Tea-Shirt Design Competition bersama brand produk minuman Fruit Tea yang berhadiah total lima juta rupiah yang bertujuan untuk mengasah kemampuan para desainer muda Jogja secara kompetitif.

Sebagai bentuk nyata dukungan The Parade 2009 terhadap komunitas dan gerakan independen menjadi akarnya, maka The Parade 2009 merangkul komunitas-komunitas lokal tersebut, untuk ikut serta berkarya dan bereksibisi di dalamnya. Dalam hal ini yang berbasis musik, sport, seni rupa, desain maupun fotografi. Secara tidak langsung, hal ini juga dapat menjadi sarana edukasi bagi pengunjung agar dapat mengenal lebih jauh industri kreatif clothing dan distro. Harapannya, mereka yang mengunjungi festival ini tidak hanya pulang membawa belanjaan, namun juga wacana mengenai gerakan independen yang menghidupi industri kreatif clothing dan distro.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar